Home » » Cara Membuat Static Page di Blogspot | Cara Membuat Blog

Cara Membuat Static Page di Blogspot | Cara Membuat Blog

Halaman Statis (Static Page) Blogger: Apa & Fungsinya





Halaman Statis (static page) atau alaman statis adalah halaman suatu blog yang bukan merupakan bagian dari urutan posting. Halaman jenis ini hampir mirip dengan halaman website yang bersifat independen dan dapat diberi aturan tersendiri sesuai keinginan. Meskipun demikian, halaman statis pada blog masih memiliki aturan general sesuai template dan styling-nya (CSS).

Berbeda dengan halaman posting (artikel), halaman statis tidak berada pada urutan waktu tertentu. Apabila ditampilkan, dia bersifat individual dan terdiri dari satu posting saja; sedangkan halaman posting dapat ditampilkan secara bersamaan dengan halaman posting yang lain, misalnya: ada 5 posting dalam satu halaman yang ditampilkan. Fitur ini ditambahkan pada Blogger sekitar awal 2010 untuk mendukung kebutuhan user akan halaman statis. Pada platform blog WordPress, fitur ini telah ada sejak beberapa tahun yang lalu.

Untuk dapat lebih melihat perbedaan antara halaman statis dan halaman posting Blogger, kita lihat contoh berikut:
Perhatikan perbedaan antara url halaman posting dan url halaman statis berikut:
Url halaman posting (post page):
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/04/cara-meningkatkan-seo-blogspot.html
Url halaman statis (static page):
http://buka-rahasia.blogspot.com/p/testimony-untuk-buka-rahasiablogspotcom.html
Halaman posting memiliki url dengan folder dan subfolder yang diurutkan berdasarkan tahun dan bulan. Setelah itu baru diikuti dengan file html posting yg akan ditampilkan (di WordPress subfolder bahkan hingga  tanggal posting, contoh .../2011/08/01/.....). Sedangkan pada halaman statis, folder yang digunakan untuk menyimpan file adalah p yg merupakan singkatan dari "page", setelah itu diikuti dengan file html yg akan ditampilkan. Pada sistem blog, halaman posting akan ditata/diarsipkan berdasarkan urutan waktu terbaru (contoh url arsip: http://buka-rahasia.blogspot.com/2011_09_01_archive.html). Halaman terbaru berada di bagian teratas. Inilah sebenarnya konsep blog, dimana setiap posting selalu berkesinambungan, seperti halnya ketika kita membuat status di Facebook. Sedangkan halaman statis diatur untuk ditampilkan secara independen, tanpa mengandung urutan posting berdasarkan waktu, serta tidak diarsipkan.

Apa fungsi halaman statis?

Seperti yg telah dibahas di atas, halaman statis bukan dan tidak masuk ke bagian posting blog. Maka sudah sangat jelas bahwa halaman statis bukan difungsikan sebagai halaman untuk menampilkan posting artikel. Karena bersifat timeless (tidak mengandung url waktu dan tidak diarsipkan berdasarkan waktu), halaman statis sangat cocok digunakan untuk memuat berbagai informasi yang langsung berkaitan dengan blog, misalnya tentang blog atau tentang pemilik blog (about me), kontak (contact form), daftar isi/sitemap, pemesanan space iklan dan berbagai jenis posting fitur blog yang ingin ditonjolkan namun tidak diinginkan menjadi bagian posting.

Dulu, sekitar lebih dari satu tahun yg lalu, pengguna Blogger masih menggunakan halaman posting untuk memuat informasi-informasi sejenis di atas. Sehingga ketika membuka arsip posting blog, halaman seperti "About", "Advertise", masih muncul di urutan posting. Solusinya adalah dengan memundurkan waktu posting (backdate) agar halaman-halaman tersebut berada di urutan paling lama. Tetap saja, halaman tersebut tampak kurang elegan karena url-nya mengandung urutan waktu. Namun, kini tidak lagi. Halaman statis telah menjadi  jalan keluar yang sangat dibutuhkan keberadaannya dan membuat blog berplatform Blogger tampak lebih profesional.

Cara buat halaman statis Blogger?

Bagi sobat yg belum terbiasa atau belum pernah menggunakan halaman statis, sobat bisa mencoba membuatnya. Caranya:
Bagi pengguna dashboard Blogger Interface lama:
Dashboard > New Post > Edit Pages > Add New Page
Bagi pengguna dashboard Blogger Interface baru:
Dashboard > Klik menu Dropdown > Klik Pages > Klik New Page > Klik Blank Page

Any idea about Blogger Static Page? Feel free to leave your comments below.
Happy Blogging!

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com
(sumber:http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/09/halaman-statis-blogger-apa-fungsinya.html)
Share this article :

1 komentar:

Pengunjung

Free counters!
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Obat Paling Manjur | Solusi Kesehatan Alami - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger